Beasiswa Penuh IDB (Islamic Development Bank), di 50 TOP Universitas Dunia, 2014


Islamic Development Bank (IDB) menawarkan beasiswa untuk mereka yang berasal dari negara-negara anggota IDB, termasuk Indonesia. Beasiswa ini ditawarkan untuk belajar dan melakukan penelitian universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia berdasarkan rangking universitas oleh Times Higher Education Supplement (THES). Namun, prioritas diberikan untuk belajar dan melakukan penelitian di universitas mitra IDB. Beasiswa diberikan sampai dengan 3 tahun untuk studi PhD dan sampai 6-12 bulan untuk penelitian postdoctoral. Batas waktu aplikasi 31 Desember setiap tahun.

Tujuan Beasiswa

Program untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas di negara-negara anggota IDB termasuk Indonesia  dengan memberikan beasiswa kepada masyarakat anggota IDB untuk melakukan studi lanjut dan penelitian di bidang ilmu terapan dan teknologi yang dibutuhkan untuk pengembangan negara-negara mereka. Program beasiswa untuk studi dan penelitian pada dua tingkatan: (1) 3 tahun PhD studi / penelitian, dan (2) 6-12 bulan penelitian Post-Doktor.

Bidang dan Jenjang Studi

Beasiswa diberikan dalam bidang studi yang menjadi kebutuhan prioritas pembangunan negara anggota IDB di sektor ilmu pengetahuan dan teknologi dan untuk mencapai visi IDB 1440H. Fokus Studi saat ini adalah pada bidang-bidang berikut studi:

Kesehatan / kedokteran, Produksi Pertanian / Makanan, Sumber Daya Air / Desertifikasi, Energi / Pembangunan Infrastruktur, Nanoteknologi, Pengembangan berfokus ICT, dan bidang studi murni.

Program beasiswa ini untuk studi dan penelitian pada dua tingkatan: (1) 3 tahun PhD (S3)/penelitian, dan (2) 6-12 bulan penelitian Post-Doktor.

Sponsor Beasiswa

Islamic Development Bank

Tempat Belajar

Pelamar yang lulus akan belajar dan meneliti di universitas terkemuka dunia berdasarkan rangking Times Higher Education Supplement (THES). Namun, prioritas diberikan untuk belajar / penelitian di mitra universitas IDB.

Persyaratan

Pemohon harus memenuhi kriteria dasar sebagai berikut:

  • Umur tidak lebih dari 35 tahun untuk studi PhD, dan maksimal 40 tahun untuk penelitian Post-Doktor.
  • Rekomendasi dari sebuah lembaga riset / akademik / institusi ilmu pengetahuan dan teknologi di negara masing-masing.
  • Harus memiliki latar belakang akademis yang diperlukan dalam bidang terkait dan memiliki beberapa pengalaman profesional / penelitian di bidang masing-masing.
  • Menunjukkan bahwa proposal penelitian memiliki relevansi ilmiah dan teknologi dengan tujuan memenuhi kebutuhan prioritas pembangunan negara pelamar.
  • Memiliki keahlian bahasa yang baik sesuai dengan negara tujuan studi yang dipilih.

Durasi Beasiswa

Beasiswa akan diberikan hingga 3 tahun untuk studi PhD (S3)/penelitian dan sampai 6-12 bulan untuk penelitian postdoctoral.

Nilai Beasiswa

Beasiswa memberikan tunjangan sebagai berikut:
– Semua biaya akademik
– Tunjangan Hidup
– Asuransi Kesehatan
– Biaya transportasi ke dan dari negara tujuan studi
– Biaya Konferensi
– Biaya Paper penelitian
– Biaya Komputer (untuk PhD saja)
– Tunjangan Keluarga jika membawa keluarga (untuk PhD saja)

Kriteria Seleksi

Prioritas akan diberikan kepada pelamar PhD yang telah memiliki letter of acceptance di universitas yang telah melakukan kerja sama dengan IDB seperti Cambridge University, Oxford University, Nottingham University dan Birmingham University, UCL di Inggris, Princeton University di Amerika Serikat, Paris-Tech di Perancis dan KAUST di Arab Saudi atau top 50 universitas dalam daftar THES.

Batas Waktu Pendaftaran

31 Desember tiap tahun.

Informasi lebih lanjut

Anda bisa memperoleh informasi lebih lanjut dan cara daftar di sini.

Mau Info Beasiswa? Gratis!

Lebih 10 Ribu orang mendapatkan informasi beasiswa dari KejarBeasiswa.Com  

Anda berhasil berlangganan.

Author: Subhan Hamid

Pendiri KejarBeasiswa.com dan BelajarToefl.org. Menyelesaikan pendidikan di University of Queensland, Brisbane, Australia melalui program beasiswa Pemerintah Australia, Australian Development Scholarship (ADS). Kontak via Grup Facebook KejarBeasiswa